Senin, 04 Januari 2016

Silabus Tematik

Silabus Tematik

Silabus Tematik
NAMA SEKOLAH         : SDN RAWA BUAYA 02 PAGI
TEMA                              : LINGKUNGAN
KELAS                            : V
Standar Kompetensi:
Ilmu Pengetahuan Alam
7.  Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.  Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan
2.  Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Matematika
2.  Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
Ilmu Pengetahuan Alam
7.5  Mendeskripsikan perlunya penghematan air.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
Pendidikan Kewarganegaraan
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya perundang-undangan tingkatan pusat dan daerah.
Matematika
2.3 Melakukan pengukuran sudut.
No
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
IPA
(penghematan air)
Siswa mengaplikasikan penghemaran air dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
7.5.1 Menyebutkan penggunaaan air bagi makhluk hidup.
7.5.2 Menjelaskan perlunya penghematan air dalam kehidupan sehari-hari.
7.5.3 Mencontohkan penghematan air dalam kehidupan sehari-hari.
Unjuk kerja
2jp
Lingkungan sekolah dan masyarakat.
2
IPS
(kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah Indonesia)
Siswa mengamati peta/atlas/globe.
1.3.1 Menjelaskan keragaman kenampakan alam di Indonesia.
1.3.2Menggambarkan  peta Indonesia dengan menggunakan simbol.
1.3.3Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.
Tes tertulis (essai)
3jp
Peta/atlas/globe.
3
PKn (perundang-undangan)
Melakukan tanya jawab antara guru dan siswa mengenai peraturan perundang-undangan.
2.1.1 Menjelaskan pengertian peraturan perundang-undangan tingkatan pusat dan daerah.
2.1.2 Mencontohkan peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
2.1.3 Mengemukakan arti pentingnya peraturan perundang-undangan tingkatan pusat dan daerah.
Tes lisan, tes tertulis (essai)
2jp
Buku PKn kelas V.
4
MTK (pengukuran sudut)
Siswa melakukan percobaan pengukuran sudut menggunakan busur derajat.
2.3.1 Menjelaskan bagian-bagian sudut.
2.3.2 Mencontohkan pengukuran sudut menggunakan busur derajat.
2.3.3 Menerapkan pengukuran sudut dengan bujur derajat.
Tes tertulis (essai)
3jp
Buku MTK kelas V.
SILABUS TEMATIK
NAMA SEKOLAH         : SDN RAWA BUAYA 02 PAGI
TEMA                              : KEGIATAN
KELAS                            : V
Standar Kompetensi:
Ilmu Pengetahuan Alam
1.  Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.          
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.  Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan
3.  Memahami kebebasan berorganisasi.
Bahasa Indonesia
1.  Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.
Matematika
4.  Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
Ilmu Pengetahuan Alam
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan
3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi.
Bahasa Indonesia
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.
Matematika
4.1 Menghitung volume kubus dan balok.
No
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
IPA (organ pernapasan hewan)
Siswa mengamati gambar organ pernapasan hewan.
1.2.1 Menyebutkan fungsi organ pernapasan pada hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.
1.2.2 Menjelaskan fungsi organ pernapasan pada hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.
1.2.3Menggambarkan fungsi organ pernapasan pada hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.
Tes tertulis (essai)
3jp
Gambar organ pernapasan hewan.
2
IPS (jenis usaha dan kegiatan ekonomi)
Melalui simulasi kegiatan ekonomi.
1.5.1 Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia.
1.5.2 Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok.
1.5.3 Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha.
Tes tertulis (essai)
3jp
Lingkungan sekolah dan masyarakat.
3
PKn (organisasi)
Melakukan tanya jawab antara guru dan siswa mengenai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
3.1.1 Menjelaskan pengertian organisasi.
3.1.2 Mencontohkan macam-macam organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
3.1.3 Mengemukakan peran serta dalam organisasi di sekolah.
Tes lisan, tes tertulis (essai)
2jp
Lingkungan sekolah dan masyarakat.
4
Bahasa Indonesia (cerita rakyat)
Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
1.2.1 Membacakan cerita rakyat.
1.2.2 Menjelaskan pengertian cerita rakyat.
1.2.3 Mengidentifikasi unsur cerita rakyat.
Tes lisan, tes tertulis (essai)
2jp
Buku cerita rakyat.
5
Matematika (volume kubus dan balok)
Siswa melakukan kalkulasi perhitungan volume kubus dan balok.
4.1.1 Menjelaskan bagian-bagian kubus dan balok.
4.1.2 Menjelaskan rumus volume kubus dan balok.
4.1.3 Mengkalkulasi perhitungan volume kubus dan balok.
Tes tertulis (essai)
3jp
Bangun ruang dan buku MTK kelas V.
SILABUS TEMATIK
NAMA SEKOLAH         : SDN RAWA BUAYA 02 PAGI
TEMA                              : PERISTIWA
KELAS                            : V
Standar Kompetensi:
Ilmu Pengetahuan Alam
7.  Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam. 
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.  Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Bahasa Indonesia
4.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
Matematika
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
Ilmu Pengetahuan Alam
7.3  Mendeskripsikan struktur bumi.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.2  Menceritakan tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam di Indonesia.
Bahasa Indonesia
4.2  Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas,dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
Matematika
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB.
No
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
IPA
(struktur bumi)
Siswa mengamati gambar struktur bumi.
7.3.1 Menyebutkan struktur bumi.
7.3.2 Menjelaskan struktur bumi.
7.3.3Menggambarkan  struktur bumi secara sederhana.
Tes tertulis (essai)
3jp
Gambar struktur bumi.
2
IPS
(tokoh sejarah)
Siswa mendengarkan penjelasan guru serta siswa melakukan diskusi mengenai tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu buddha dan islam di Indonesia.
1.2.1 Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam di Indonesia.
1.2.2 Menceritakan dan mengumpulkan tokoh sejarah pada masa hindu budha dan Islam di Indonesia.
1.2.3 Menyimpulkan isi gambar yang dilihat menggunakan bahasa sendiri.
Tes lisan, tes tertulis (essai)
2jp
Gambar tokoh sejarah dan buku IPS kelas V.
3
Bahasa Indonesia (surat undangan dan EYD)
Siswa menulis surat undangan.
4.2.1 Menyebutkan contoh surat undangan.
4.2.2 Menjelaskan pengertian surat undangan.
4.2.3 Menugaskan siswa menulis surat undangan.
Tes tertulis (essai)
2jp
Buku Bahasa Indonesia kelas V.
4
MTK (KPK dan FPB)
Siswa melakukan penghitungan soal cerita mengenai FPB dan KPK.
1.5.1 Menyebutkan bilangan prima.
1.5.2 Menjelaskan faktor prima dan faktorisasi prima.
1.5.3 Memecahkan soal cerita mengenai FPB dan KPK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar