Silabus Tematik
Silabus
Tematik
NAMA
SEKOLAH :
SDN RAWA BUAYA 02 PAGI
TEMA : LINGKUNGAN
KELAS : V
Standar Kompetensi:
Ilmu
Pengetahuan Alam
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan
hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan
2. Memahami
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
Ilmu
Pengetahuan Alam
7.5 Mendeskripsikan
perlunya penghematan air.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
Pendidikan Kewarganegaraan
2.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya perundang-undangan tingkatan pusat dan daerah.
Matematika
2.3 Melakukan
pengukuran sudut.
No
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
IPA
(penghematan air)
|
Siswa mengaplikasikan penghemaran air dengan benar
dalam kehidupan sehari-hari.
|
7.5.1 Menyebutkan penggunaaan air bagi makhluk
hidup.
7.5.2 Menjelaskan perlunya penghematan air dalam
kehidupan sehari-hari.
7.5.3 Mencontohkan penghematan air dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Unjuk kerja
|
2jp
|
Lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
2
|
IPS
(kenampakan alam dan buatan serta
pembagian wilayah Indonesia)
|
Siswa mengamati peta/atlas/globe.
|
1.3.1 Menjelaskan keragaman kenampakan alam
di Indonesia.
1.3.2Menggambarkan peta Indonesia dengan menggunakan simbol.
1.3.3Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan
alam wilayah Indonesia.
|
Tes tertulis (essai)
|
3jp
|
Peta/atlas/globe.
|
3
|
PKn (perundang-undangan)
|
Melakukan tanya jawab antara guru dan siswa mengenai
peraturan perundang-undangan.
|
2.1.1 Menjelaskan pengertian peraturan
perundang-undangan tingkatan pusat dan daerah.
2.1.2 Mencontohkan peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
2.1.3 Mengemukakan arti pentingnya peraturan
perundang-undangan tingkatan pusat dan daerah.
|
Tes lisan, tes tertulis (essai)
|
2jp
|
Buku PKn kelas V.
|
4
|
MTK (pengukuran sudut)
|
Siswa melakukan percobaan pengukuran sudut menggunakan
busur derajat.
|
2.3.1 Menjelaskan bagian-bagian sudut.
2.3.2 Mencontohkan
pengukuran sudut menggunakan busur derajat.
2.3.3 Menerapkan pengukuran sudut dengan
bujur derajat.
|
Tes tertulis (essai)
|
3jp
|
Buku MTK kelas V.
|
SILABUS
TEMATIK
NAMA
SEKOLAH :
SDN RAWA BUAYA 02 PAGI
TEMA : KEGIATAN
KELAS : V
Standar Kompetensi:
Ilmu
Pengetahuan Alam
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Bahasa Indonesia
1. Memahami
penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.
Matematika
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
Ilmu
Pengetahuan Alam
1.2
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan
dan cacing tanah.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1.5
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
Pendidikan Kewarganegaraan
3.1 Mendeskripsikan
pengertian organisasi.
Bahasa Indonesia
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita
rakyat yang didengarnya.
Matematika
4.1 Menghitung
volume kubus dan balok.
No
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
IPA (organ pernapasan hewan)
|
Siswa mengamati gambar organ pernapasan hewan.
|
1.2.1 Menyebutkan fungsi organ pernapasan pada
hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.
1.2.2 Menjelaskan fungsi organ pernapasan pada
hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.
1.2.3Menggambarkan fungsi organ pernapasan pada
hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.
|
Tes tertulis (essai)
|
3jp
|
Gambar organ pernapasan hewan.
|
2
|
IPS (jenis usaha dan kegiatan ekonomi)
|
Melalui simulasi kegiatan ekonomi.
|
1.5.1 Menyebutkan
jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia.
1.5.2 Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok.
1.5.3 Memberikan
contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha.
|
Tes tertulis (essai)
|
3jp
|
Lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
3
|
PKn (organisasi)
|
Melakukan tanya jawab antara guru dan siswa mengenai
organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian organisasi.
3.1.2 Mencontohkan macam-macam organisasi di
lingkungan sekolah dan masyarakat.
3.1.3 Mengemukakan
peran serta dalam organisasi di sekolah.
|
Tes lisan, tes tertulis (essai)
|
2jp
|
Lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
4
|
Bahasa
Indonesia (cerita rakyat)
|
Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
|
1.2.1 Membacakan
cerita rakyat.
1.2.2 Menjelaskan
pengertian cerita rakyat.
1.2.3 Mengidentifikasi
unsur cerita rakyat.
|
Tes lisan, tes tertulis (essai)
|
2jp
|
Buku cerita rakyat.
|
5
|
Matematika (volume kubus dan balok)
|
Siswa melakukan kalkulasi
perhitungan volume kubus dan balok.
|
4.1.1 Menjelaskan bagian-bagian kubus dan
balok.
4.1.2 Menjelaskan rumus volume kubus dan
balok.
4.1.3 Mengkalkulasi
perhitungan volume kubus dan balok.
|
Tes tertulis (essai)
|
3jp
|
Bangun ruang dan buku MTK kelas V.
|
SILABUS
TEMATIK
NAMA
SEKOLAH :
SDN RAWA BUAYA 02 PAGI
TEMA : PERISTIWA
KELAS :
V
Standar Kompetensi:
Ilmu
Pengetahuan Alam
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan
hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia.
Bahasa Indonesia
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk
karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
Matematika
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
Ilmu
Pengetahuan Alam
7.3 Mendeskripsikan
struktur bumi.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1.2 Menceritakan tokoh sejarah pada masa
hindu budha dan islam di Indonesia.
Bahasa Indonesia
4.2 Menulis
surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas,dll)
dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
Matematika
1.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung KPK dan FPB.
No
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
IPA
(struktur bumi)
|
Siswa mengamati gambar struktur bumi.
|
7.3.1 Menyebutkan struktur bumi.
7.3.2 Menjelaskan struktur bumi.
7.3.3Menggambarkan
struktur bumi secara sederhana.
|
Tes tertulis (essai)
|
3jp
|
Gambar struktur bumi.
|
2
|
IPS
(tokoh sejarah)
|
Siswa mendengarkan penjelasan guru serta siswa
melakukan diskusi mengenai tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu buddha dan
islam di Indonesia.
|
1.2.1 Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam di
Indonesia.
1.2.2 Menceritakan dan mengumpulkan tokoh sejarah pada masa hindu budha dan
Islam di Indonesia.
1.2.3 Menyimpulkan isi gambar yang dilihat
menggunakan bahasa sendiri.
|
Tes lisan, tes tertulis (essai)
|
2jp
|
Gambar tokoh sejarah dan buku IPS kelas V.
|
3
|
Bahasa Indonesia (surat undangan dan EYD)
|
Siswa menulis surat undangan.
|
4.2.1 Menyebutkan
contoh surat undangan.
4.2.2 Menjelaskan
pengertian surat undangan.
4.2.3 Menugaskan
siswa menulis surat undangan.
|
Tes tertulis (essai)
|
2jp
|
Buku Bahasa Indonesia kelas V.
|
4
|
MTK (KPK dan FPB)
|
Siswa melakukan penghitungan soal cerita mengenai FPB
dan KPK.
|
1.5.1 Menyebutkan bilangan prima.
1.5.2 Menjelaskan faktor prima dan
faktorisasi prima.
1.5.3 Memecahkan soal cerita mengenai FPB
dan KPK
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar